Select Category

Friday, June 7, 2019

Cara mengatasi hp android lemot

lemot


Cara mengatasi hp android lemot dan panas – pengguna android dari tahun ke tahun terus berkembang secara pesat, mulai dari anak-anak, dewasa bahkan hingga orangtua pun sudah menggunakan smartphone cerdas yang kerap dijuluki sebagai si robot hijau ini.
Smartphone android saat ini sudah sangat canggih, bukan hanya berfungsi sebagai alat komunikasi, tetapi juga memiliki banyak fitur-fitur canggih dan sangat bermanfaat bagi para penggunanya. Tak hanya itu, hp android juga seringkali digunakan sebagai media hiburan dengan menginstall software dan game-game berat yang cukup memakan banyak memory.
Dengan banyaknya menginstall aplikasi maupun game-game, maka kemungkinan hp android kalian akan menjadi lemot, lelet dan cepat panas. Apalagi jika HP tersebut hanya memiliki RAM 2 GB ke bawah, tentu saja akan sangat terasa sekali leletnya. Pasti akan jengkel juga kan kalian?
Nah maka dari itu disini admin akan memberikan solusi dan tips agar hp android tidak lemot dan cepat panas. Apa saja ya kira-kira? Langsung saja simak dibawah 


Cara Mengatasi HP Android yang Lemot




HP yang lelet dan mudah sekali panas akan terasa sangat menjengkelkan karena kalian tidak dapat memaksimalkan penggunaan hp tersebut. Bayangkan saja, jika sudah kambuh, maka secara otomatis hp akan ngelag bahkan hang. Untuk menghindari masalah tersebut, kalian perlu mengatasinya dengan cara-cara dibawah ini yang bisa kalian terapkan di smartphone kalian masing-masing.

1. Reboot HP

Langkah pertama yang harus kalian lakukan apabila HP mulai kambuh yaitu cobalah untuk mereboot/ restart hp tersebut. Hal tersebut berguna untuk mengistirahatkan sejenak kinerja prosesor pada smartphone tersebut. Jadi, sangat dianjurkan untuk mereboot/ merestart HP minimal 1x sehari agar kinerja pada HP dapat berjalan secara optimal.

2. Uninstall Aplikasi yang Memakan Banyak RAM

Cara ini sangat dianjurkan untuk HP Android dengan RAM 2 GB kebawah, pasalnya ada beberapa aplikasi yang memakan resource RAM cukup banyak sehingga tidak heran jika HP kalian mulai terasa lemot, hal itu disebabkan oleh aplikasi-aplikasi yang berjalan dilatar belakang dan menggunakan cukup banyak RAM sehingga sisa RAM yang tersedia hanya sekitar beberapa ratus MB saja, bahkan mungkin puluhan MB saja. Tentunya hal itu dapat menyebabkan HP kalian menjadi sangat lelet.
Ada beberapa aplikasi yang memakan banyak RAM diantaranya (Facebook, Messenger, Line, dan lain sebagainya), nah solusinya coba kalian uninstall/ hapus aplikasi tersebut lalu ganti dengan aplikasi versi Litenya. Contohnya seperti Facebook Lite.

3. Nonaktifkan Sinkronisasi

Sinkronisasi (Sync) merupakan fitur yang ada pada ponsel android yang berfungsi untuk menyinkronkan data-data yang ada ponsel ke akun-akun online (seperti akun google, akun mi, dsb). Meskipun sangat berguna agar kita tidak perlu membackup secara otomatis, tapi fitur tersebut dapat menyebabkan hp android mudah panas karena fitur sync akan terus berjalan di latar belakang untuk dapat mensinkronkan data-data yang ada pada hp tersebut.
Nah maka dari itu silakan kalian matikan (nonaktifkan) fitur Sync pada ponsel android kalian, caranya yaitu pergi ke Setting > Account and Sync > Disable.

4. Tutup Aplikasi yang Sedang Berjalan

Apabila ada aplikasi yang sudah tidak kalian gunakan, alangkah baiknya jika kalian menutup aplikasi tersebut agar ponsel android kalian tidak lemot ataupun mudah panas. Semakin banyak aplikasi yang berjalan dilatar belakang, maka semakin sesak juga RAM yang tersedia di HP tersebut sehingga lama kelamaan HP akan terasa panas dan akan berdampak pada baterai yang cepat habis.




5. Perbarui Aplikasi/ System Android

Jika lemot dan panasnya hp android disebabkan oleh aplikasi yang belum diperbarui, maka kalian wajib untuk memperbarui aplikasi tersebut karena mungkin saja sebelum aplikasi itu diperbarui aplikasinya bermasalah. Untuk itu admin sangat merekomendasikan kalian untuk mengupdate aplikasinya melalui Playstore.
Tidak hanya itu, kalian juga perlu untuk mengupdate System Operasi (OS Android) HP agar bug-bug yang ada dapat diatasi pada pembaruan OS tersebut. Caranya yaitu klik Setting > Tentang Ponsel > Check for Updates. Lalu klik saja update.

6. Root

Apakah kalian pernah mendengar kata root? Singkatnya root adalah akses penuh terhadap system android. Jadi dengan root, kalian bisa dengan leluasa mengoprek (menambahkan, menghapus atau mengubah) isi dari system di OS Android. Seperti menghapus aplikasi bawaan yang tidak perlu itu bisa mengatasi hp lemot dan mudah panas. Untuk cara root, setiap ponsel memiliki cara yang berbeda-beda, selengkapnya kalian bisa searching saja di google dengan kata kunci: “cara root hp (sebutkan merk hp kalian)”

7. Factory Reset/ Pengaturan Pabrik

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi hp android yang lemot dan panas yaitu dengan cara mereset hp ke pengaturan pabrik, cara ini terbukti ampuh karena hp akan direset dan kembali seperti sedia kala ketika pertama kali membeli hp. Tapi, sebelum itu harap backup dulu data-data penting yang ada di ponsel kalian karena dengan mereset hp maka data yang ada di memori internal akan terhapus semua.
Demikianlah artikel yang dapat admin sampaikan pada kesempatan kali ini, silakan kalian coba satu persatu cara mana yang paling ampuh untuk mengatasi hp lemot dan panas. Semoga cara-cara diatas dapat membantu kalian semua ya. Terimakasih
Load disqus comments

0 komentar