Select Category

Tuesday, April 9, 2019

Belajar Pemrograman Pemula dari Nol

Apa itu Pemrograman?

Pemrograman atau Programming adalah suatu proses untuk membuat sebuah program. Program sendiri adalah kumpulan perintah atau intruksi yang kita berikan kepada komputer dengan bahasa tertentu agar komputer itu berperilaku sesuai dengan keinginan kita.

Komputer tanpa program tidak akan bisa berperilaku sesuai keinginan kita, karena komputer sendiri merupakan benda mati yang tidak dapat melakukan apapun tanpa adanya instruksi.

Jadi apapun komputer yang kalian punya, kalau kalian tidak memberikan instruksi pada komputer itu, maka dia tidak bisa apa-apa. Dan tentu saja instruksi yang diberikan harus benar.

Kenapa Kita harus membuat Program?

Program dibuat dengan tujuan untuk membantu mempermudah pekerjaan kita, membantu kita dalam menyelesaikan pekerjaan, atau bahkan menjadi solusi untuk setiap masalah yang kita miliki.

Pekerjaan dan masalah ini bisa apapun, bisa yang sangat sederhana sampai yang paling kompleks sekalipun. Misalnya kalian melakukan operasi matematik, seperti penjumlahan, pengurangan, pembagian, dan perkalian, atau kalian bisa membuat sebuah program untuk mengitung luas, keliling, dan lain-lain.

Sampai dengan program yang sangat kompleks seperti program yang memiliki kecerdasan buatan, robotic, atau bahkan game yang sangat kompleks.

Jadi, membuat program itu manfaatnya banyak sekali, dan itu semua dapat kita awali dengan menulis satu baris program.

Belajar Pemrograman untuk Pemula

Saat ini, kebanyakan orang tidak perlu tahu bagaimana komputer bekerja. Mereka hanya bisa menyalakan komputer ataupun smartphone dan menggunakannya sesuai keinginannya tanpa pernah tahu cara kerja dari semua itu.

Berinteraksi dengan komputer dapat dilakukan oleh siapapun, tapi memberikan instruksi kepada komputer sesuai keinginan hanya dapat dilakukan oleh programmer. Sehingga ketika Kamu belajar pemrograman maka Kamu akan tahu bagaimana komputer bekerja dan memberikan instruksi untuk melakukan sesuatu sesuai yang kita inginkan. Bagaimana keren bukan?

Pemrograman adalah sebuah proses yang mencakup kegiatan seperti analisis, algoritma, yang diterjemahkan ke dalam bahasa pemrograman sehingga dapat dijalankan oleh komputer. Atau secara sederhana, pemrograman adalah proses kreatif yang menginstruksikan komputer bagaimana menyelesaikan suatu tugas.

Meskipun saat ini telah banyak bahasa pemrograman yang telah tersedia, namun hal yang penting yang harus dimiliki adalah kemampuan menganalisa dan menemukan solusi karena tanpa algoritma maka tidak ada program. 

Pemrograman merupakan cara kita membuat representasi untuk solusi yang kita miliki. Oleh karena itu, representase ini dan proses pembuatannya menjadi bagian yang mendasar. Disisi lain algoritma menggambarkan masalah yang dimiliki dengan serangkaian proses untuk mencapai solusi yang diinginkan.

Perhatikan skema dibawah ini



Skema di atas memberikan kita gambaran bahwa dengan pemrograman sebuah masalah yang kita jumpai dapat dikonversi kedalam dunia teknologi sehingga menjadi sebuah solusi.

Membuat program adalah memberikan instruksi untuk memanipulasi berbagai jenis objek, misalnya angka, kata, gambar, suara, dll. Membuat program komputer serupa dengan membuat musik, merancang rumah atau menciptakan hal lain. Sehingga sebagian pendapat mengatakan bahwa pemrograman adalah seni, bukan rekayasa.

Baca Juga : 



Apa manfaat menguasai Pemrograman?

Belajar Pemrograman itu tidak mudah, butuh waktu, butuh banyak latihan, dan butuh proses pembelajaran yang panjang. Jadi, kalian jangan berharap bisa menjadi programmer dalam waktu yang singkat.

Tapi seiring dengan proses pembelajaran yang tidak mudah itu, ada beberapa keuntungan belajar Pemrograman. Terlepas dari latar belakang kalian, apakah kalian mahasiswa jurusan IT atau bukan, kalian akan mendapatkan beberapa keuntungan tersebut.

Keuntungan yang Pertama adalah kalian akan belajar tentang bagaimana komputer itu bekerja, baik disadari ataupun tidak. Dalam hal ini yang dimaksud adalah dalam level komputasinya, atau pola pikir komputer.

Nah, apa itu Pola Pikir Komputer? Yaitu proses berpikir kita sebagai manusia disaat kita akan menyelesaikan sebuah masalah dengan bantuan komputer secara lebih efektif.

Kemampuan Pola Pikir Komputer ini seperti berpikir sistematis, dapat memecah masalah besar menjadi masalah yang kecil sehingga mudah dieksekusi, memahami pola, menyembunyikan kerumitan atau melakukan abstraksi.

Keuntungan yang Kedua adalah kita jadi dapat melakukan otomasi terhadap masalah di sekitar kalian. Jadi saat kalian menemukan masalah disekitar kalian, kalian bisa berpikir kalian bisa membuatkan programnya.

Keuntungan yang Ketiga tentu saja kalian bisa mendapatkan penghasilan, ketika kalian menjadikan pemrograman ini sebagai jalur profesi,  karena banyak sekali pihak yang membutuhkan skill kalian sebagai programmer.

Nah, itulah beberapa hal yang kalian dapatkan ketika kalian belajar pemrograman. Dan diluar itu, kalian akan mendapatkan banyak sekali keuntungan dan manfaat yang kalian dapatkan ketika belajar pemrograman. Jika kalian ingin menambahkan manfaat lain belajar pemrograman kalian bisa berkomentar dibawah.

Jadi, tunggu apa lagi, mari kita beajar pemrograman.

"Setiap orang harus belajar pemrograman komputer, karena pemrograman akan mengajarkanmu bagaimana cara berpikir." Steve Jobs

Artikel berikutnya kita akan memulai pembelajaran bahasa pemrograman yang akan dimulai dengan Bahasa Pemrograman Java. Jadi, ikuti terus artikel pada blog ini dan bagikan juga kepada yang lain.
See You..
Load disqus comments

0 komentar