Select Category

Monday, April 8, 2019

10 Pekerjaan teknologi terbaik saat ini

Tidak bisa dipungkiri bahwa perkembangan teknologi saat ini sangat berdampak bagi kehidupan sehari-hari, bahkan di dunia pekerjaan. Bukan tidak mungkin kalau tenaga manusia akan tergantikan oleh teknologi mesin ataupun komputer.

Tetapi, secanggih apapun teknologi komputer, tetap membutuhkan manusia untuk mengoperasikanmya. Jadi, tidak ada salahnya mempelajari teknologi terutama teknologi komputer.


tech-job
https://infodigitalis.blogspot.com/

Berdasarkan laporan terbaru Glassdoor bertajuk Best Jobs in America.  Pada daftar itu, sektor teknologi berhasil mendominasi.Sebanyak 19 pekerjaan dari teknologi berhasil masuk ke daftar 50 pekerjaan terbaik di Amerika Serikat (AS). Data scientist juga menjadi karier paling menjanjikan saat ini.


Perkembangan teknologi seperti kecerdasan buatan dan machine learning, serta dampaknya pada dunia bisnis, membuat tenaga sektor ini begitu dicari-cari.


Berikut adalah 10 daftar pekerjaan teknologi terbaik saat ini


1. Data Scientist


Data scientist adalah salah satu profesi yang berada dalam bidang interdisipliner dengan fokus pada teknologi informasi. Simpelnya, seorang data scientist mengumpulkan, mengolah, dan menganalisa data untuk menghasilkan informasi yang berguna dalam pengambilan keputusan suatu organisasi atau badan usaha.


Dilansir dari Tech Republicpekerjaan terbaik di sektor teknologi adalah data scientist, sementara pekerjaan yang sedang banyak dicari adalah software engineer dengan 49.007 lowongan di Glassdoor.



- Skor pekerjaan: 4.7
- Nilai kepuasan kerja: 4.3
- Angka lowongan kerja: 6.510
- Gaji median tahunan: USD 108 ribu (Rp 1,5 miliar).

2. DevOps Engineer

DevOps adalah serangkaian praktik yang mengotomatiskan proses antara pengembangan aplikasi dan tim pengembang agar mereka dapat melakukan proses buildtest dan release perangkat lunak lebih cepat dan lebih handal. DevOps yang sudah berjalan dengan baik akan menghasilkan produk yang stabil dan meningkatkan nilai dari produk itu sendiri.

Ibaratnya DevOps ini mampu membuat sebuah lingkungan yang aman dan nyaman agar Developer bebas bermain-main dan berkreasi dengan script mereka.

Sekilias terlihat sepele, namun nyatanya profesi DevOps / DevOps Engineer saat ini merupakan salah satu profesi yang sangat dicari oleh perusahaan dan startup besar, sama seperti profesi yang sedang hype lainnya seperti Data Scientist dan Programmer.

- Skor pekerjaan: 4.5
- Nilai kepuasan kerja: 4.1
- Angka lowongan kerja: 4.657
- Gaji median tahunan: USD 106 ribu (Rp 1,49 miliar)

3. Data Engineer

Data Engineer adalah seseorang yang mengembangkan dan membuat desain arsitektur manajemen data dan memelihara/memonitor infrastruktur data di perusahaan, seperti sistem database, data warehouse, data lake, dan sistem pemrosesan data berskala besar. Data science, di sisi lain, adalah seseorang yang membersihkan, memproses, dan mengolah data (besar).

- Skor pekerjaan: 4.4
- Nilai kepuasan kerja: 3.9
- Angka lowongan kerja: 4.793
- Gaji median tahunan: USD 100 ribu (Rp 1,41 miliar)

4. Software Engineer

Rekayasa perangkat lunak (RPL, atau dalam bahasa Inggris: Software Engineering atau SE) adalah satu bidang profesi yang mendalami cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembanganan perangkat lunak dan manajemen kualitas.(wikipedia)

Pekerjaan ini sangat menjanjikan saat ini. Tertarikkah kamu untuk bekerja di bidang software engineering meskipun tidak memiliki gelar di Computer Science maupun jurusan lainnya yang berhubungan?

- Skor pekerjaan: 4.4
- Nilai kepuasan kerja: 3.6
- Angka lowongan kerja: 49.007
- Gaji median tahunan: USD 104 ribu (Rp 1,46 miliar)

5. Security Engineering

IT Security engineering adalah bidang khusus yang berfokus pada aspek keamanan dalam desain sistem yang harus mampu menangani suatu sistem jaringan terhadap sumber-sumber gangguan.

Dalam satu bentuk atau lain, teknik keamanan telah ada sebagai bidang informal studi selama beberapa abad. Misalnya, bidang locksmithing dan pencetakan keamanan telah ada selama bertahun-tahun. Pekerjaan di bidang ini cukup menjanjikan untuk prospek kerja anda.


- Skor pekerjaan: 4.3
- Nilai kepuasan kerja: 3.8
- Angka lowongan kerja: 4.683
- Gaji median tahunan: USD 102 ribu (Rp 1,44 miliar)

Baca Juga
6. Project Manager

Project manager adalah orang yang ditunjuk untuk menggerakkan organisasi proyek dan memimpinnya dalam mencapai objective proyek. Project Manager adalah posisi puncak yang luar biasa dalam proyek. Di pikiran dan penanya, tertumpu beban tanggung jawab yang besar atas kesuksesan proyek.

Tanggung jawab project manager adalah untuk memenuhi kebutuhan yang berupa kebutuhan tugas, kebutuhan team, dan kebutuhan individual. Project manager menjadi penghubung antara strategi dan tim. Peran project manager dalam perkembangan bisnis dan keberlangsungan hidup perusahaan menjadi semakin lebih strategis.

- Skor pekerjaan: 4.3
- Nilai kepuasan kerja: 4.5
- Angka lowongan kerja: 2.158
- Gaji median tahunan: USD 75 ribu (Rp 1 miliar)

7. Product Designer

Seorang Product Designer mengembangkan produk baru atau meningkatkan yang sudah ada dengan menggunakan pemahaman mereka di bidang teknologi, material, dan metode manufaktur untuk memperbaiki desain dan manfaat produk.

Yang pasti seorang product designer harus bisa menciptakan produk-produk yang bukan hanya bagus dari segi estetika, tapi juga memiliki daya jual dan daya saing yang tinggi di pasaran
- Skor pekerjaan: 4.2
- Nilai kepuasan kerja: 4.5
- Angka lowongan kerja: 2.158
- Gaji median tahunan: USD 100 ribu (Rp 1,41 miliar)

8. Java Developer

Java programmer bertanggung jawab dalam bidang pengembangan program java untuk membangun baik itu sebuah website, aplikasi, dan software. Java Programmer harus bisa menguasai beberapa skill seperti Oracle databese, XML, X Query, Enterprise Java Beans, dan seterusnya.

Pekerjaan ini mewajibkan para pekarjanya memahami bahasa pemrograman berorientasi objek. Ya, karena Java sendiri adalah bahasa pemrograman berorientasi objek.

- Skor pekerjaan: 4.2
- Nilai kepuasan kerja: 3.7
- Angka lowongan kerja: 6.636
- Gaji median tahunan: USD 85 ribu (Rp 1,2 miliar)

9. Solutions Architect
Deskripsi Pekerjaan :
  • Menganalisa kebutuhan klien / customer berdasarkan pengembangan solusi yang ditawarkan Perusahaan.
  • Menerbitkan dokumen teknis implementasi (Proposal, requirement dan desain software secara umum).
  • Melakukan koordinasi, monitoring dan evaluasi terhadap implementasi suatu proyek.
- Skor pekerjaan: 4.2
- Nilai kepuasan kerja: 3.6
- Angka lowongan kerja: 6.969
- Gaji median tahunan: USD 127 ribu (Rp 1,7 miliar)

10. Data Analyst

Data Analyst bertanggung jawab dalam menerjemahkan angka-angka menjadi laporan yang dapat dengan mudah dimengerti oleh manajemen. Setiap bisnis mengumpulkan data, baik data penjualan, riset pasar, logistik, atau biaya transportasi. 

Pekerjaan seorang Data Analyst adalah mendapatkan dan menggunakan data tersebut untuk membantu perusahaan membuat keputusan bisnis yang lebih baik.

Pada prakteknya, terdapat berbagai macam Data Analyst dilingkungan pekerjaan seperti Operations Analysts, Marketing Analysts, Financial Analysts, dll.

- Skor pekerjaan: 4.1
- Nilai kepuasan kerja: 3.9
- Angka lowongan kerja: 5.456
- Gaji median tahunan: USD 60 ribu (Rp 847 juta)

Itulah daftar pekerjaan terbaik dunia teknologi saat ini.
Tertarikkah kamu untuk bekerja di bidang teknologi meskipun tidak memiliki gelar di Computer Science maupun jurusan lainnya yang berhubungan?

Data diatas berdasarkan laporan terbaru Glassdoor bertajuk Best Jobs in America.
Apapun pekerjaan anda, yang terpenting adalah tetap semangat dan jangan putus asa, selalu berdoa dan berkarya.
Be smart and See You..

Load disqus comments

0 komentar