Select Category

Saturday, April 6, 2019

7 Manfaat Memulai Blog

Halo Good People!!
Selamat datang di Dunia IT, belajar bersama tentang ilmu teknologi..
Jangan lupa follow by email blog ini agar tidak ketinggalan info seru seputar teknologi digital :)

Langsung saja kita Leeet's Go simak artikelnya!!

APA saja manfaat ngeblog alias blogging? Apa keuntungan atau keutamaan punya blog? Apakah kita rugi kalau tidak memiliki blog sendiri?

MEMBUAT atau punya blog itu banyak sekali manfaatnya. Blog --singkatan dari website blog-- menjadi sarana mengasah keterampilan menulis, media berbagi (share) pengalaman, sedekah ilmu, berbagi cerita, bahkan berbagi kesedihan dan kesenangan.

Dengan menjadi blogger, maka kita akan ikut menjadi orang yang mengendalikan informasi, membentuk opini, dan banyak lagi.Dari hasil "riset online" alias Googling, saya menemukan satu posting yang relatif lengkap tentang manfaat atau keuntungan punya blog, yaitu :

bloging

1. Mendapatkan job lebih baik

Blog bisa membuat kita mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dari yang sekarang.

Menurut MediaBistro, 9 dari 10 perusahaan memeriksa profile online sebelum merekrutnya. Para bos dan manajer perushaan ingin mempekerjakan orang-orang yang memiliki pengaruh kuat di dunia online.

Blogging adalah satu-satunya cara untuk mendapatkan pengaruh itu. Dengan ngeblog, kita mencantumkan profil sekaligus minat, hobi, keahlian, bahkan karakter yang tercermin dalam posting atau isi (konten) blog.

Fotografer, desainer, dan sejenisnya, bisa posting karya-karyanya di blognya, juga berbagi tips yang menunjukkan keahliannya dalam bidang fotografi dan desain.

Ringkasnya, blog itu menjadi "personal branding" kita. Promosi online tentang keahlian dan identitas diri kita.

2. Memulai bisnis baru


Buku tentang Blogpreneur.*
Blog bisa menjadi ajang bisnis. Kadang-kadang, awalnya ngeblog itu hanya hobi, tapi berkembang menjadi bisnis penuh waktu (full-time business). Anda bisa menjadi Blogpreneur!

Itulah yang dialami Pat Flynn. Awalnya ia ngeblog di Green Exam Academy hanya untuk sharing pemikiran dan ulasan tentang arsitektur.

Ketika ia keluar dari pekerjaannya, ia memutuskan mengurus blognya lebih serius dan setahun kemudian blognya itu bisa mendapatkan 100.000 dolar per tahun!

Google AdSense salah satu sumber pendapatan blogger, juga media-media online pada umumnya. "Turn your passion into profit!" kata Google.

3. Mendapatkan tambahan klien dan relasi bisnis.

Website statis tidak menarik klien dan konsumen baru. Tapi, blog yang diupdate secara reguler, bisa memproduksi a constant stream of good leads from all around the world. Naon tah terjemahana?

Ketika Anda mempublikasikan posting blog "in-depth" yang membantu klien/pelanggan potensial untuk mengatasi masalah mereka, maka mereka akan datang kepada Anda dan respek kepada Anda sebagai ahli di bidang itu. Jika mereka butuh bantuan lebih, mereka kemungkinan akan tertarik untuk merekrut Anda atau mengundang Anda.

4. Menjadi penulis lebih baik

Menjadi penulis yang lebih baik adalah manfaat ngeblog yang paling terasa. Blog itu mengasah keterampilan menulis. Cara terbaik latihan menulis ya ngeblog!

The only way to become a better writer is to write – pages and pages, day after day. The more you blog, the more you write – and the better writer you become.

5. Menjadi penulis di media

Menjadi penulis di media. Ngeblog bukan saja cara yang baik untuk menjadi penulis yang lebih baik, tapi juga bisa menjadi jalan tercepatr untuk menjadi penulis di media massa --menulis artikel opini dan mendapatkan honor tulisan.

6. Mendapat umpan balik yang cepat

Mendapatkan umpan balik yang cepat. Penulis buku harus menunggu waktu lama untuk mendapatkan umpan balik atas bukunya. Tapi blogger bisa mendapatkan umpan balik di hari yang sama saat ia klik "Publish".

Itulah yang menjadikan blog sebagai cara terhebat untuk mendapatkan feedback atas ide atau pemikiran Anda.

7. Belajar lebih banyak tentang karakter dan minat orang

Belajar lebih banyak tentang karakter dan minat orang. Kita akan tahu tema atau tulisan apa yang disukai pembaca dari jumlah like, share, dan komentar, juga dari posting terpopuler yang bisa dilihat di statistik blog dan Google Analytic.

Tertarik untuk memulai blog anda?
Jangan lupa tinggalkan jejak komentar dibawah,
Dan bagikan artikel ini jika kalian suka :)
See You..

Load disqus comments

0 komentar