Select Category

Saturday, April 6, 2019

13 Rumus Excel yang Sering Digunakan dalam Pekerjaan

Selamat datang di Dunia IT, berbagi ilmu tentang ilmu teknologi digital

Anda bekerja di perkantoran? administrasi? perpajakan? atau atau yang lain?
Tentunya anda akan sering menggunakan bantuan komputer untuk mengolah data. Ya, Microsoft Excel adalah yang paling sering digunakan untuk membantu dalam pekerjaan anda.

Microsoft Excel banyak berperan dalam proses pengolahan data. Tentunya anda ingin mengolah data secara cepat dan tepat bukan? Nah, karena itu anda akan sering menggunakan rumus-rumus dalam mengoperasikan Microsoft Excel.

Rumus sendiri berperan sebagai formula untuk mengatasi masalah dalam Excel tanpa harus melakukannya secara manua.
excel

Berikut 13 Rumus Microsoft Excel yang Sering Digunakan dalam membantu pekerjaan Anda.

1. Rumus Excel IF
Fungsi rumus Excel IF adalah mengambil salah satu dari dua nilai berdasarkan suatu kondisi. Logikanya sama seperti IF pada bahasa pemograman. Dalam satu fungsi, kamu bisa meletakkan beberapa IF tergantung kebutuhan.
IF(logical_test,[value_if_true],[value_if_false])




contoh : =IF(2<3,"Benar","Salah") > "Benar" =IF(2>3,"Benar","Salah") > "Salah" 



2.Rumus Excel SUM
Rumus Excel SUM adalah menjumlahkan sekumpulan angka. Yang bisa kamu jumlahkan bisa berupa angka-angka maupun kolom ke kolom.

Contohnya, kamu ingin menjumlah data dari kolom A1 hingga A25, maka kamu tinggal menggunakan rumus ini dengan menyeleksi kolom A1 hingga A25.
Sum(number1,[number2],..]




contoh : =sum(2,3,5,6,11) > 28 =sum(A1:A25) 



3 Rumus Excel Count
Fungsi rumus Excel Count hampir sama dengan fungsi Sum, yakni menghitung jumlah cell yang berisi angka.
count(value1,[value2],..]




contoh : =count(a1:a10) 



4. Rumus Excel CountIF
Fungsi rumus Excel CountIF adalah menghitung jumlah cell pada suatu range yang punya satu kriteria tertentu.
countif(range,criteria)




contoh : =countif(a1:a10,"A")  



5. Rumus Excel Match
Fungsi rumus Excel Match adalah menunjukkan posisi relatif suatu item di tabel yang cocok dengan kondisi atau kriteria tertentu.

Misalnya, kita ingin mencari apakah di sebuah tabel ada nama orang tertentu, kamu bisa menggunakan fungsi yang satu ini
match(lookup_value,lookup_array,[match_type])


contoh : match(lookup_value,lookup_array,[match_type])




6. Rumus Excel VlookUp

Fungsi rumus Excel VLookUp adalah mencari suatu item di kolom, di tabel, dan mengambil nilai yang ada di kolom lain pada tabel tersebut.

Contohnya, kita ingin mencari tahu kapan ulang tahun atau jumlah anak karyawan tertentu. Data yang ingin ditampilkan harus diambil dari sebuah tabel yang disusun dalam format vertikal.
vlookup(lookup_value,lookup_array,[match_type]) 




 contoh : =vlookup("Jojon",A1:C11,3,0)



7. Rumus Excel HlookUp 
Sama dengan VlookUp, hanya saja pada rumus HlookUP data yang diambil harus secara horizontal
=HLOOKUP(lookup_value,lookup_array,[match_type])




contoh : =HLOOKUP("Jojon",A1:C11,3,0)



8. Rumus Excel Round
Fungsi rumus Excel Round adalah membulatkan angka ke angka desimal sesuai yang kamu inginkan.
 round(number,num_digit)




contoh : =round(12:3456789,2)



9. Rumus Excel Trim
Fungsi rumus Excel Trim adalah membenarkan teks dengan cara menghapus spasi yang terlalu banyak. Rumus ini cocok untuk merapikan sebuah tabel data.
trim(text)




contoh : =trim("Ini adalah rumus excel yang mudah dipelajari ")



10. Rumus Excel Average
Fungsi rumus Excel Average bisa kamu gunakan untuk mencari nilai rata-rata dari sebuah data.
=AVERAGE(number1:number2)




contoh : =AVERAGE(L3:L6)



11. Runus Excell Max 
Kalau kamu ingin mencari nilai tertinggi pada sebaris deretan angka, kamu bisa menggunakan rumus Max.
 =MAX(number1:number2)



 contoh : =MAX(L3:L6)



12. Rumus Excel Min
Sebaliknya, kalau kamu ingin mencari nilai terendah pada sebaris deretan angka, kamu bisa menggunakan rumus Min 
 =MIN(number1:number2)



contoh : =MIN(L3:L6)




13. Rumus Excel Concatenate
Ketika kamu ingin menggabungkan beberapa nilai pada cell dengan beberapa modifikasi kata, kamu bisa menggunakan rumus Concatenate. 
 =CONCATENATE(text1;text2;...)



contoh : = CONCATENATE( Pembaca ;K6; Jumlahnya ;L6)






Bonus :
Rumus DATE
Jika kamu ingin menambahkan tanggal pada file Excel-mu, kamu bisa menggunakan rumus DATE.
=DATE(year;month;day)




contoh : =DATE(2019;2;1)



Itulah beberapa rumus Excel di dunia kerja yang paling sering digunakan. Jika kamu tahu rumus excel lainnya, jangan lupa share di kolom komentar!
See you..
Load disqus comments

0 komentar